Hubungan antara listrik dengan ramah lingkungan

18.06 Personal Blog 4 Comments


Listrik sangat berpengaruh dengan lingkungan. Banyak orang berkata bila kita menghemat listrik, itu sangat ramah lingkungan. Apakah sebenarnya hubungannya? Baca Artikel ini!


Foto diatas adalah pembangkit listrik yang ada di Probolinggo. Pembangkit listrik ini adalah pembangkit listrik uap terbesar di Indonesia yang berguna untuk Jawa dan Bali. Pembangkit listrik ini menggunakan batu bara yang menyebabkan polusi yang sangat berdampak untuk lingkungan. Selain itu batu bara sendiri juga saat penambangan sangat tidak ramah lingkungan. Penambangan batu bara juga sangat mencemari air, udara, dan tanah disekitarnya akibat penambangan. Limbah pencucian batu bara juga berdampak buruk bagi manusia. Kita juga memboros batu bara hanya demi listrik yang tidak bisa kita hemat. Jadi, bila kita mematikan lampu atau peralatan elektronik saat tidak dipakai, sangat berguna agar listrik tidak perlu dibuat banyak dan membuat polusi berkurang. Jadi kita harus menghemat listrik karena sangat berdampak bagi lingkungan. Tapi kenapa masih ada pemadaman listrik?


Pemadaman listrik terjadi karena kurangnya listrik untuk seluruh Indonesia .Meskipun kita sudah mematikan lampu dan peralatan elektronik saat tidak dipakai, tapi masih ada yang namanya pemadaman listrik bergilir. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak rumah yang membutuhkan listrik sedangkan pembangkit listrik tidak terlalu banyak menyebar di Indonesia. Indonesai sangat membutuhkan pembangkit listrik selain dari batu bara dan juga harus lebih banyak. Sebenarnya bila ingin dimanfaatkan, Indonesia sendiri punya banyak sungai yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dan banyak tempat berangin, Berikut adalah solusi pembangkit listrik yang bisa sangat berguna bagi Indonesia:
Kita harus mulai memperbanyak penggunaan listrik tenaga air ataupun tenaga angin. Selain ramah lingkungan jumlah sungai sangat banyak sehingga bisa sangat berguna dan tidak perlu menggunakan batu bara yang sangat membuat polusi dan tidak ramah lingkungan. Kincir angin juga bisa digunakan di Indonesia.


Yang kedua, kita juga bisa menggunakan pembangkit listrik tenaga surya. Indonesia adalah negara tropis yang ada di garis khatulistiwa. Dengan begitu Indonesia sangat sering mendapat matahari. Bila kita menggunakan alat tersebut, kita bisa mendapat listrik yang banyak dan juga sangat berguna. Sebenarnya masih banyak pembangkit listrik seperti pembangkit listrik tenaga diesel, sampah yang juga berguna tapi saya tidak masukkan karena ada beberapa yang menurut saya kurang ramah lingkungan jadi saya tidak masukkan. Sekian dari saya terimakasih.




http://fakta.co.id/2016/01/18/listrik-di-sumut-kembali-normal-lima-hari-lagi/
http://benergi.com/keuntungan-dan-kerugian-pembangkit-listrik-tenaga-surya
http://sanfordlegenda.blogspot.co.id/2013/09/Pembangkit-listrik-memanfaatkan-tenaga-air.html
http://dbagus.com/negara-pengguna-kincir-angin-terbesar
http://www.pulsk.com/644607/
http://sharkjourney.blogspot.co.id/2015/12/inilah-fakta-unik-mengenai-pltu-paiton.html

4 komentar: